Panduan Membuat Resume Lamaran Kerja Yang Baik

0
516

Bacaan Receh – Resume adalah gambaran atau penjelasan singkat tentang kemampuan, pengalaman, pendidikan, dan pencapaian seseorang. Umumnya sebuah resume digunakan dan dibutuhkan ketika seseorang sedang melamar lowongan kerja di suatu perusahaan.

Sebagai surat lamaran, informasi yang disampaikan didalam sebuah resume sebaiknya relevan dengan calon pekerjaan yang dituju. Karena informasi tersebut akan digunakan oleh pihak perusahaan untuk menilai kualitas dari kandidat yang melamar pekerjaan.

Dengan kata lain resume merupakan sarana bagi kandidat untuk “menjual” kemampuan dirinya kepada calon perusahaan tempat dia melamar pekerjaan. Sebuah promosi cepat dan terarah yang berisi tentang informasi dan alasan mengapa seseorang layak untuk sebuah pekerjaan atau posisi tertentu.

Beda Resume Dengan CV

Banyak orang mengira sebuah resume adalah sama dengan CV atau Curriculum Vitae, padahal keduanya adalah hal yang berbeda.
CV adalah dokumen yang berisi informasi detail terkait kualifikasi, pengalaman, dan prestasi seseorang khususnya yang berkaitan dengan akademis. Berbeda dengan resume, didalam CV biasanya ditampilkan informasi yang sifatnya pribadi seperti tanggal lahir, kewarganegaraan, hingga status pernikahan.

Karena isi dan detail informasi yang ditampilkan lebih banyak, sebuah CV biasanya lebih panjang dibandingkan resume. Itulah mengapa panjang sebuah resume biasanya hanya satu halaman sedangkan CV bisa mencapai dua atau tiga halaman.

Perbedaan lain antara resume dengan CV adalah tujuan dari penggunaan dokumen tersebut. Sebuah resume biasanya digunakan hanya untuk melamar pekerjaan atau posisi tertentu. Sementara penggunaan CV bisa lebih luas lagi, tidak semata-mata untuk urusan melamar pekerjaan.

Baca juga: Membuat Laporan Perjalanan Dinas Karyawan Yang Ideal

Menulis Resume Yang Baik

Berikut ini adalah tips atau panduan membuat resume yang baik yang dapat anda gunakan agar resume anda menarik dan dilirik oleh tim seleksi calon pegawai dan dianggap sesuai dengan lowongan kerja yang tersedia.

Singkat namun rapi dan menarik

HRD sebuah perusahaan di awal biasanya hanya membaca sepintas resume kandidat yang sedang diseleksi. Jika dan hanya jika dia menemukan hal yang menarik dalam resume tersebut, maka HRD akan membaca ulang dan melihat berkas pendukung lamaran yang menyertai resume itu.

Oleh karena itu tampilan resume yang rapi, singkat, padat, dan menarik merupakan modal awal yang penting yang tidak bisa diabaikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini