Kata Sandi Yang Kuat Menjaga Akun Tetap Selamat

0
217

Bacaan Receh – Di era teknologi sekarang ini, hampir semua aspek kehidupan manusia bersentuhan dengan internet. Bahkan bagi sebagian orang koneksi internet adalah kebutuhan mutlak agar dapat menjalani kegiatan sehari-harinya dengan normal.

Dari sekadar hiburan, komunikasi dengan teman atau kolega bisnis, sampai dengan urusan perbankan dan transaksi jual beli. Sekarang semua hal tersebut bisa dilakukan dari telapak tangan.

Cukup dengan perangkat telepon pintar dan jaringan internet kita bisa melakukan semua hal tersebut.

Namun dibalik kemudahan yang diberikan oleh teknologi itu, ada hal penting atau bahkan sangat penting yang harus dijaga dengan baik, yaitu password atau kata sandi. Bukan hanya untuk email, melainkan untuk semua akun aplikasi yang anda miliki.

Sampai sekarang masih banyak pihak yang kurang memperhatikan, meremehkan, atau bahkan mengabaikan kata sandi yang dimilikinya. Sehingga sering kita dengar ada kejadian akun yang dibajak hingga pembobolan data-data sensitif sebagai akibat bocornya kata sandi sebuah akun.

Password atau kata sandi yang bocor bukan semata-mata terjadi akibat dari keteledoran pemilik akun, namun seringkali terjadi karena kata sandi yang digunakan terlalu mudah untuk ditebak.

Kata Sandi Yang Kuat Adalah Kunci Awal Menjaga Keamanan Sebuah Akun

Kerugian yang ditimbulkan akibat kata sandi yang bocor sudah banyak dan sering terjadi. Terutama kepada mereka yang masih baru dengan dunia internet dan kurang begitu perhatian terhadap keamanan akun miliknya. Sehingga patut bagi setiap pemilik akun untuk melengkapi akunnya dengan kata sandi yang kuat.

Tidak ada semacam aturan baku terkait pembuatan kata sandi, jadi sepenuhnya adalah keputusan anda sebagai pemilik akun. Namun ada beberapa pedoman yang dapat dipakai agar anda bisa membuat password atau kata sandi yang baik dan kuat.

Pedoman tersebut antara lain:

  • Jangan pernah menggunakan nama anda, nama keluarga terdekat, semua macam nomor identitas yang dimiliki semacam nomor HP atau KTP, dan juga tanggal lahir.
  • Jangan berisi urutan sekuel abjad atau nomor yang mudah ditebak.
  • Buat kata sandi dengan jumlah karakter yang tidak sedikit, idealnya 8 karakter atau lebih.
  • Gunakan perpaduan antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan tambahkan karakter seperti @ # $ atau &.
  • Lakukan perubahan kata sandi secara berkala.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah terkait bagaimana kita menyimpan kata sandi yang “rumit” tersebut.

Ada beberapa orang yang memang lemah dalam mengingat kata sandi sehingga menuliskan kata tersebut pada secarik kertas dan menyimpan di dompetnya. Atau menyimpan kata sandi tersebut di note dalam HP.

Itu adalah tindakan yang sangat berisiko dan berbahaya. Apalagi itu adalah kata sandi untuk aplikasi-aplikasi penting dan sensitif milik anda.

Idealnya adalah anda benar-benar hafal kata sandi tersebut dan kalaupun menyimpannya dalam bentuk catatan, simpanlah di tempat yang benar-benar aman.

Baca juga: Cara Mudah Menciptakan Ikatan Positif Dengan Karyawan

Seberapa Kuat Kata Sandi Milik Anda?

Kata sandi yang kuat biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa ditebak atau dipecahkan. Semakin lama waktu yang dibutuhkan maka biasanya semakin baik kata sandi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa website yang bisa anda gunakan untuk mengetahui seberapa kuat kata sandi milik anda.

The Password Meter

Di situs The Password Meter anda dapat melihat dan mengukur seberapa kuat kata sandi milik anda. Semakin tinggi persentase skor yang didapat berarti semakin kuat dan bagus kata sandi anda.

Terdapat analisa singkat terhadap contoh kata sandi yang diuji kekuatannya.

Ini adalah contoh pengujian dengan menggunakan kata sandi: 12345678

Terlihat hasilnya menunjukkan angka 4% yang artinya sangat lemah.

Sedangkan berikutnya menggunakan kata sandi: S4mb3l#T3r4s1

Hasil pengujian kata sandi tersebut bernilai 100% atau sangat kuat.

How Secure Is My Password

Situs How Secure Is My Password membantu anda untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan bagi sebuah komputer untuk memecahkan kata sandi yang diuji.

Menurut situs ini, sebuah kata sandi bisa langsung ditebak secara instan atau membutuhkan waktu hingga jutaan tahun untuk bisa ditebak.

Ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan kata sandi: 12345678

Kata sandi ini secara instan atau langsung akan tertebak oleh sebuah komputer.

Sedangkan berikutnya waktu adalah yang dibutuhkan jika kata sandinya adalah: S4mb3l#T3r4s1

Sedangkan untuk contoh kata sandi berikutnya dibutuhkan waktu hingga 2 juta tahun untuk bisa dipecahkan.

Jadi, sudahkah anda memiliki kata sandi yang baik dan kuat?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini