Cara Mudah Menciptakan Ikatan Positif Dengan Karyawan

0
289

Bacaan Receh – Menciptakan ikatan positif dengan karyawan itu sebenarnya tidak sulit. Ikatan yang positif antara pemilik usaha dengan karyawan secara langsung akan meningkatkan motivasi kerja mereka.

Meskipun tidak sulit, namun ada beberapa pemilik usaha yang merasa kesulitan menciptakan “chemistry” yang baik dengan karyawannya.

Tidak jarang permasalahan di tempat usaha justru muncul dari dalam perusahaan. Oleh karena itu menciptakan dan menjaga hubungan yang baik dengan karyawan adalah sangat penting.

Karena bagaimanapun juga, karyawan adalah aset penting bagi perusahaan dalam melayani konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ketika seorang konsumen datang dengan harapan layanan kelas satu tapi yang didapatnya adalah layanan kualitas kelas dua atau bahkan kelas tiga, maka jangan harapkan konsumen itu akan datang kembali.

Pengalaman dan penilaian seorang pelanggan dimulai ketika pelanggan tersebut melakukan kontak dengan produk yang anda tawarkan dan pastinya dengan pegawai yang menawarkan produk anda.

Dalam gambaran besarnya, hal ini bisa dilihat sebagai siklus yang berkepanjangan: Kepemimpinan yang baik akan menciptakan ikatan yang baik bagi karyawan terhadap perusahaannya (dan sebaliknya).

Karyawan yang termotivasi dengan baik akan memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan. Pelanggan yang memiliki pengalaman yang baik cenderung akan menjadi loyal dan menguntungkan bagi perusahaan.

Ada banyak cara untuk menciptakan ikatan yang positif dengan karyawan perusahaan yang bisa meningkatkan motivasi kerja mereka, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Baca juga: Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur

Komunikasikan Tujuan-tujuan Perusahaan Dengan Baik

Budaya perusahaan atau organisasi yang baik membutuhkan transparansi dan komunikasi yang baik pula. Tanpa transparansi dan komunikasi yang baik, bagaimana para karyawan bisa memahami apa tujuan yang harus mereka gapai.

Beri penjelasan yang memadai tentang peran dan dukungan karyawan yang dibutuhkan terhadap pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Beri mereka sedikit waktu untuk bisa memahami dan meresapi hal tersebut.

Komunikasi yang baik dengan semua karyawan akan memberikan kesamaan pandangan bagi semua yang terlibat dalam suatu kegiatan. Sehingga kurangnya persiapan atau kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi bisa dihindarkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini