Cara Ideal Mengajari Anak Untuk Gosok Gigi Sejak Dini

0
146

Bacaan Receh – Merawat dan menggosok gigi adalah hal penting yang perlu diajarkan sedini mungkin kepada anak-anak. Terkait hal ini, orang tua sebaiknya aktif mengarahkan dan membantu anak dalam merawat kesehatan gigi dan mulutnya.

Menggosok gigi minimal dua kali sehari memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan gigi dan mulut anak.
Rajin membersihkan gigi bisa mencegah timbulnya plak pada gigi yang berpotensi menjadi karang gigi. Selain tentunya apabila dilakukan secara rutin dan teratur bisa mencegah gigi berlubang dan radang gusi.

Menggosok gigi juga mencegah timbulnya bau mulut, sehingga anak-anak akan lebih percaya diri ketika bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Lantas, bagaimana cara mengenalkan dan mengajari anak untuk mulai rutin gosok gigi? Karena biasanya anak-anak menolak dengan berbagai alasan jika diminta untuk gosok gigi.

Kalaupun mereka mau, tidak jarang anak-anak melakukannya dengan tidak benar atau asal-asalan. Sehingga manfaat yang diperoleh tentunya tidak maksimal pula.

Baca juga: Cara Memasak Yang Tepat Untuk Makanan Yang Sehat

Waktu Ideal Mengajarkan Anak Gosok Gigi

Tidak ada aturan baku kapan atau pada usia berapa seorang anak harus mulai belajar gosok gigi. Namun mengajarkan anak untuk gosok gigi sedini mungkin adalah langkah terbaik agar dia terbiasa melakukannya.

Usia ideal mulai memberikan pengetahuan tentang kesehatan mulut dan gigi serta mengajari anak gosok gigi adalah ketika mereka berusia 2-3 tahun.

Di kisaran usia tersebut biasanya gigi anak sudah mulai tumbuh dengan lengkap. Dan mereka juga sudah mulai makan makanan yang beraneka ragam sesuai dengan usianya.

Awali dengan cerita atau membaca buku cerita bersama yang isinya tentang kesehatan gigi atau kebiasaan menggosok gigi. Pilih buku cerita yang bergambar sehingga anak lebih mudah memahami dan tertarik mengikuti ceritanya.

Jika ada buku dengan contoh permainan menyikat gigi akan lebih baik. Anak akan semakin semangat dan terdorong untuk melakukannya sendiri. Jadikan figur dalam cerita sebagai role model dalam menjelaskan pentingnya gosok gigi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini